Mengenal Macam Macam Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang Ada di Indonesia

Di kota kota besar, saat ini pembangkit listrik tenaga surya sudah menjadi trend tersendiri untuk memenuhi kebutuhan akan listrik. Hal ini dipercaya sangat efektif, karena bisa menghemat tanggungan biaya listrik per bulannya. Bahkan ada banyak sekali manfaat dari penerapan panel surya tersebut. Berikut beberapa jenis PLTS Atap yang sekarang banyak digunakan di Indonesia.

Jenis PLTS di Indonesia

Macam Macam Pembangkit Listrik Tenaga Surya
  1. PLTS Terpusat

PLTS terpusat adalah sistem pembangkit listrik yang menggunakan tenaga surya dengan kapasitas tertentu, dimana keseluruhan sistemnya langsung dipasang pada satu tempat. Nantinya listrik yang dihasilkan oleh sistem pembangkit ini akan didistribusikan kepada para pelanggan sesuai kebutuhan.

Umumnya, sistem PLTS terpusat digunakan pada berbagai daerah yang masih belum terjangkau dengan jaringan listrik dari PLN. Kendati demikian, sistem PLTS terpusat juga bisa digunakan untuk digabungkan dengan jaringan listrik dari PLN, atau sebagai pembangkit listrik tambahan dari energi yang listrik yang sudah ada.

  1. PLTS Tersebar

Jika pembangkit listrik tenaga surya terpusat menggunakan sistem yang langsung terpasang pada satu tempat saja, maka lain halnya dengan PLTS tersebar. PLTS tersebar ini bisa dibilang merupakan kebalikan dari PLTS terpusat, yaitu pembangkit listrik dengan sumber energi matahari yang sifatnya lokal alias hanya disediakan untuk satu pelanggan.

Sebagai contoh PLTS tersebar yaitu PLTS atap yang umum diterapkan pada bangunan atau rumah rumah yang membutuhkan listrik tambahan. Namun tidak menutup kemungkinan jika PLTS tersebar ini digunakan pula pada daerah yang belum terjangkau oleh jaringan listrik dari PLN.

Secara umum, penggunaan PLTS tersebar seperti PLTS atap jauh lebih banyak diterapkan oleh masyarakat perkotaan. Hal ini karena lahan yang ada di kota relatif tidak terlalu luas layaknya di pedesaan. Sehingga pemasangan PLTS yang diletakkan di atap suatu gedung atau bangunan menjadi solusi yang dianggap sangat efektif.

Langkah Pemasangan PLTS

Setelah mengetahui jenis pembangkit listrik tenaga surya seperti apa yang akan anda pasang, maka pemasangannya pun harus sesuai dengan mekanisme yang ada. Dimana anda perlu terlebih dahulu mengajukan permohonan kepada PLN, untuk nantinya dilakukan evaluasi serta verifikasi. Jika sudah disetujui, barulah pembangunan dan pemasangan PLTS bisa dilakukan.

Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa anda mungkin juga membutuhkan izin operasi dan sertifikat laik operasi terlebih dahulu sebelum diperbolehkan memasang PLTS. Menurut peraturan, hal tersebut diperlukan bagi mereka yang ingin memasang solar panel dengan kapasitas lebih dari 500 kVA. Sedangkan di bawah kapasitas itu sudah dianggap memenuhi kewajiban sertifikat laik operasi.

Itulah beberapa jenis PLTS dan langkah yang perlu anda lakukan jika ingin memasangnya secara pribadi. Bagi anda yang tertarik, bisa segera menghubungi pihak SUN Energy Indonesia sebagai penyedia panel surya terbaik untuk skala industri maupun rumah tangga. Adanya metode pembayaran beragam yang ditawarkan nantinya akan mempermudah proses pemasangan sistem ini.