Keunggulan dan 3 Fakta Menarik Vaksin Moderna

Keunggulan dan 3 Fakta Menarik Vaksin Moderna

Vaksin moderna adalah vaksin yang dibuat oleh perusahaan Moderna, Inc yang bergerak di bidang bioteknologi dari Amerika. Vaksin ini dibuat dengan teknologi terbaru berbasis versi sintetis molekul virus SARS-Cov-2, yang dikenal dengan istilah “messenger RNA“ (mRNA). Berbeda dengan vaksin pada umumnya, vaksin RNA ini bekerja dengan cara memperkenalkan urutan mRNA (molekul yang memberitahu sel apa yang harus dikembangkan).

Sebelumnya, belum ada vaksin yang menggunakan metode teknologi ini yang mendapatkan izin resmi, kecuali vaksin BionTech yang berasal dari Jerman. Vaksin yang dihasilkan menggunakan teknologi tersebut diibaratkan meretas sel tubuh manusia, dan merekayasanya secara efektif menjadi “pabrik pembuat vaksin“.

Salah satu keunggulan lain dari teknologi terbaru tersebut yaitu dapat memproduksi vaksin jauh lebih cepat dibanding dengan teknologi pembuat vaksin konvensional.

Keunggulan Vaksin Moderna

Vaksin Moderna kini telah mendapatkan izin di beberapa negara, termasuk Kanada dan Amerika untuk disuntikkan kepada warga. Bukan tanpa alasan vaksin ini bisa mendapatkan izin resmi dan bisa dikirim ke berbagai negara.

Berikut keunggulan vaksin dari Moderna, Inc:

⦁ Tingkat efektifitas lebih tinggi

Dibandingkan dengan vaksin yang telah mendapatkan izin lebih dulu, vaksin Moderna memperoleh hasil dengan tingkat efektifitas lebih tinggi, yakni mencapai 94,5%.

⦁ Uji klinik

Moderna, Inc telah melakukan uji klinik terhadap vaksinnya kepada 45 pasien untuk menilai keamanan dan reaktivitas pada orang dewasa sehat dengan rentang usia 18 hingga 55 tahun.

⦁ Suhu penyimpanan

Keunggulan lain dari Vaksin moderna yaitu suhu penyimpanan vaksin yang hanya minus 20°Celcius. Dengan kata lain, pendingin obat yang terdapat di rumah sakit sudah bisa digunakan untuk menyimpan vaksin ini.

Fakta Menarik Vaksin Moderna

Stephane Bancel selaku CEO Moderna, Inc mengatakan bahwa timnya sudah melakukan uji coba tahap ketiga vaksin Corona. Hasil validasi klinis menunjukkan bahwa vaksin moderna diyakini lebih ampuh untuk mencegah perkembangan virus Covid-19.

Mengapa vaksin dari moderna ini diklaim lebih ampuh mencegah virus Covid-19? Simak fakta menarik di bawah ini!

⦁ mRNA-1273 Sebutan Lain dari Moderna

Moderna disebut juga dengan mRNA-1273, yang berbasis messenger RNA (m-RNA). Di mana, basis tersebut adalah saluh satu platform teknologi pengembangan vaksin.

⦁ Langsung Diuji Klinik ke Manusia

Jika umumnya sebuah perusahaan farmasi menggunakan hewan pengerat untuk dijadikan objek uji klinis vaksin guna mencegah pencegahan suatu penyakit, maka lainnya halnya dengan perusahaan Moderna.

Perusahaan bioteknologi tersebut menjadi salah satu perusahaan farmasi pertama yang melakukan uji klinis vaksin Corona kepada manusia langsung, mulai dari orangtua hingga lansia.

⦁ Klaim Ampuh 94% Cegah Covid-19

Berdasarkan uji klinis yang dilakukan langsung kepada manusia, peneliti dapat melihat langsung reaksi dari penyuntikan vaksin Corona pada manusia.

Tim farmasi melakukan analisis kepada 95 orang yang terkena gejala Covid-19. Lima orang diberikan vaksin tersebut, sedangkan sisanya cuma diberi suntikan hampa. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa sejumlah 11 orang yang terpapar virus Covid-19 yang tidak diberi vaksin menunjukkan tingkat keparahan yang lebih tinggi. Sementara, orang yang diberi suntikan vaksin ini dinyatakan aman.

Demikian penjelasan terkait vaksin untuk mencegah virus corona. Untuk mendapatkan info lebih lanjut, Anda bisa membuka website atau aplikasi halodoc. Dari aplikasi atau website tersebut, Anda bisa memperoleh informasi lengkap terkait virus Corona dan apa saja yang harus dilakukan untuk meminimalisir risiko tertular virus tersebut.

Dengan aplikasi atau website Halodoc, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter yang sesuai di bidangnya untuk mendapatkan solusi cepat dari keluhan kesehatan Anda.

Demikian artikel terkait kelebihan dan fakta menarik dari vaksin Moderna. Semoga bermanfaat.


Keunggulan dan 3 Fakta Menarik Vaksin Moderna - Ngaji

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan dan 3 Fakta Menarik Vaksin Moderna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel