Inilah Ayat AlQur'an yang di Salah Gunakan Oleh Teroris
Cari Berita

Advertisement

Inilah Ayat AlQur'an yang di Salah Gunakan Oleh Teroris

Redaksi Ngaji.web.id
Senin, 01 Agustus 2016

Inilah Ayat AlQur'an yang di Salah Gunakan Oleh Teroris
Ngaji.web.id - Dua mantan teroris yang telah bertaubat terang-terangan mengakui kesesatan pemikiran mereka dahulu terhadap teks-teks ayat dan hadis.

Jumu Tuani, mantan Panglima Jihad Ambon, awalnya memaknai ayat dalam al-Maidah 44 bahwa Orang yang tidak berhukum dengan hukum Allah adalah Kafir. Menurutnya dahulu adalah kafir yang keluar dari Islam. Namun setelah ia mengetahui bahwa Ibnu Abbas, sepupu Nabi yang bergelar Turjumanul Quran (interpretator al-Quran), bahwa maksud ayat disini bukan kufur seperti pemahaman mereka, maka ia pun merujuk kepada penafsiran Ibnu Abbas tersebut.

Sufyan Tsauri, salah satu aparat yang sempat bergabung dengan teroris malah memiliki data bahwa sumber teroris yang dibawa ke Indonesia sekarang bersumber dari fatwa Ibnu Abdil Wahhab dari Najed. Diantara makalah yang ia tulis secara tegas menyatakan bahwa teroris yang semacam mereka ini adalah Khawarij karena memiliki kesamaan dalam hal memahami al-Quran tidak bersumber dari para ulama yang ahli di bidang Tafsir:
ﻭﺃﻳﻀﺎ ﻓﺎﻟﺨﻮاﺭﺝ ﻛﺎﻧﻮا ﻳﺘﺒﻌﻮﻥ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﺑﻤﻘﺘﻀﻰ ﻓﻬﻤﻬﻢ
"Demikian halnya Khawarij mengikuti al-Quran berdasar pemikiran mereka "(Ibnu Taimiyah, Majmu' al-Fatawa 28/484)


Ustadz Ma'ruf Khozin