Archive Pages Design$type=blogging

Keyakinan Tidak Dapat Dihapus Dengan Keraguan, Kecuali 4 Masalah

Dalam sebuah qaidah: لَا يُرْفَعُ الْيَقِينُ بِالشَّكِّ إلَّا فِي أَرْبَعِ مَسَائِلَ Yakin tidak bisa dihapus dengan ragu, kecuali pada empat masalah. dalam kitab almahalli , pada hasyiah qulyubi juz 1 hal.38:

ayo nyantri
Dalam sebuah qaidah:
لَا يُرْفَعُ الْيَقِينُ بِالشَّكِّ إلَّا فِي أَرْبَعِ مَسَائِلَ
Yakin tidak bisa dihapus dengan ragu, kecuali pada empat masalah. dalam kitab almahalli , pada hasyiah qulyubi juz 1 hal.38:

فَائِدَةٌ قَالَ الْقَاضِي - رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى -: لَا يُرْفَعُ الْيَقِينُ بِالشَّكِّ إلَّا فِي أَرْبَعِ مَسَائِلَ: إحْدَاهَا: الشَّكُّ فِي خُرُوجِ وَقْتِ الْجُمُعَةِ فَيُصَلُّونَ ظُهْرًا. الثَّانِيَةُ: الشَّكُّ فِي بَقَاءِ مُدَّةِ الْمَسْحِ فَيَغْسِلُ. الثَّالِثَةُ: الشَّكُّ فِي وُصُولِ مَقْصِدِهِ فَيُتِمُّ. الرَّابِعَةُ: الشَّكُّ فِي نِيَّةِ الْإِتْمَامِ فَيُتِمُّ أَيْضًا.
Artinya : Suatu faedah, al-Qadhi Rahimahullah mengatakan : “Keyakinan tidak dihilangkan dengan sebab keragu-raguan kecuali pada empat masalah, Pertama : ragu-ragu pada keluarnya waktu Jum’at, karena itu hendaknya mereka shalat Dhuhur, Kedua : ragu-ragu dalam masih adanya waktu untuk mengusap muzah, maka hendaknya membasuh saja, Ketiga : ragu-ragu dalam hal sampai tempat tujuan musafir, maka hendaknya shalatnya disempurnakan, Keempat : ragu-ragu dalam hal niat menyempurnakan shalat (tidak qashar), maka hendaknya menyempurnakannya.”

Penjelasan Qaidah diatas :
Pada masalah pertama, dianjurkan melakukan shalat Dhuhur sebagai ganti shalat Jum’at, karena keyakinan masih dalam waktu shalat Jum’at diragukan, sehingga dihukum hilang keyakinan tersebut dengan sebab ragu-ragu
waktu mengusap sepatu(muzah) adalah satu hari bagi yang bermuqim dan tiga hari bagi orang musafir. Apabila seseorang ragu-ragu apakah dia masih dalam waktu boleh mengusap atau tidak, maka keyakinan masih dalam waktu mengusap tersebut dapat hilang dengan sebab datang keraguan sesudahnya. Karena itu, maka hendaknya dia membasuh kakinya.
Seseorang apabila telah sampai ketempat tujuan musafir, maka hilanglah kebolehan qashar shalat apabila dengan niat bermukim mencapai empat hari.
Keragu-raguan seseorang apakah dia sudah sampai atau belum, dapat menghilangkan keyakinannya sebelumnya masih dalam musafir. Karena itu, wajib baginya menyempurnakan shalatnya (tidak qashar).
 
 Wallahu a'lam.
Kritik, saran, kirim informasi, artikel, Donasi dan pasang iklan, kirimkan melalui email: redaksi.ngaji@yahoo.com

COMMENTS

Name

#Trending Akhlaq dan Tasawuf Al-Islam Aqidah Berkeluarga Bermasyarakat Doa dan Wirid Female Firqah Haji Hikmah Hujjah Ibadah Kisah Teladan Kitab Kuning Kolom Ulama Pemerintah Puasa Ramadhan Shalat Syariah Syatta Syiah Tajhizul Janazah Taushiah Ushul dan Kaedah Fiqh Wahhabi
false
ltr
item
Ngaji Kitab Kuning: Keyakinan Tidak Dapat Dihapus Dengan Keraguan, Kecuali 4 Masalah
Keyakinan Tidak Dapat Dihapus Dengan Keraguan, Kecuali 4 Masalah
Dalam sebuah qaidah: لَا يُرْفَعُ الْيَقِينُ بِالشَّكِّ إلَّا فِي أَرْبَعِ مَسَائِلَ Yakin tidak bisa dihapus dengan ragu, kecuali pada empat masalah. dalam kitab almahalli , pada hasyiah qulyubi juz 1 hal.38:
http://4.bp.blogspot.com/-n20TsRc7L-I/VU9-Aco0XsI/AAAAAAAAC-Y/4hv5u-mWrp8/s640/ayo%2Bmondok.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-n20TsRc7L-I/VU9-Aco0XsI/AAAAAAAAC-Y/4hv5u-mWrp8/s72-c/ayo%2Bmondok.jpg
Ngaji Kitab Kuning
http://www.ngaji.web.id/2015/05/keyakinan-tidak-dapat-dihapus-dengan.html
http://www.ngaji.web.id/
http://www.ngaji.web.id/
http://www.ngaji.web.id/2015/05/keyakinan-tidak-dapat-dihapus-dengan.html
true
892498653832738656
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago